Cara memakai Jilbab Modern

0 komentar
Jilbab (Arab: جلباب ) merupakan pakaian terusan panjang mengcover seluruh badan kecuali bagian tangan, kaki & wajah yang umum dikenakan bagi para muslimah. Pemakaian jenis pakaian ini berkorelasi dengan tuntunan syara’ Islam untuk memakai pakaian yang menutupi aurat atau dikenal dgn istilah hijab. Sedangkan kerudung sendiri di dalam Al Qur’an dikenal sebagai istilah khumur, sebagaimana terdapat di surat An Nuur ayat 31:
” Hendaklah mereka menutupkan khumur atau kerudung-nya ke dadanya. (An Nuur :31) “
Menurut etimologis jilbab muncul dari bahasa arab jalaba yg berarti menghimpun / membawa. Istilah jilbab dipakai pada bangsa berpenduduk muslim lain sbg jenis pakaian dgn penamaan berbeda-beda. Contoh, Di Iran dikenal sebagai chador, kemudian di India juga Pakistan disebut pardeh, lalu di Libya dinamai milayat, juga di Irak disebut abaya, dan di Turki dikenal charshaf, sementara tudung pada Malaysia, sementara juga di negara Arab-Afrika umum disebut hijab.
Di Indonesia, pemakaian kata “cara memakai jilbab” atau “cara memakai kerudung” digunakan secara luas sbg busana kerudung yang menutupi sebagian kepala perempuan yakni rambut dan leher yang umum dirangkai dengan baju yg menutupi tubuh tanpa telapak tangan dan kaki. Kata ini masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pada tahun 1990 bersamaan dgn mulai populernya pemakaian jilbab di kalangan muslimah. Dalam kosakata bahasa Indonesia menurut paparan KBBI daring, jilbab merupakan kerudung lebar yang dipakai perempuan muslim atau muslimah untuk menutupi kepala & leher sampai ke bagian dada. Secara umum, mereka yg menutupi bagian tersebut disebut sebagai muslimah atau yang berjilbab.
Itulah jilbab.
Kerudung atau di Indonesia dikenal sebagai jilbab merupakan fashion penutup kepala yang dipakai oleh muslimah. Sekarang, tersedia beragam jenis model kerudung/ jilbab yang bermacam gaya guna membuat penampilan muslimah kian cantik mempesona dengan tetap menjaga aurat kehormatan muslimah.
cara memakai jilbab

Cara Memakai Jilbab / Kerudung Pashmina

1.Langkah pertama, memakai ciput sebagai bagian dalaman.
2.Letakkan Kerudung / Jilbab pashmina di bagian kepala anda, dengan bagian kiri lebih pendek daripada sisi lain.
3.Kemudian, tarik kerudung pashmina ke arah sisi belakang tengkuk anda, lalu pergunakan peniti guna mengancingnya.
4.Bagian jilbab pashmina yg lebih panjang ditarik melingkar dari arah atas menuju kebawah sehingga habis.
5.Di bagian atas pada sisi ujung pashmina yg dilingkarkan ke bagian atas tadi, berilah penghias / aksesoris berupa bros ataupun peniti jilbab supaya lebih terlihat menarik.
6.Anda tampil cantik menarik dan terhormat.

Cara Memakai Jilbab/ Kerudung Segi Empat

1.Tindakan awal, kenakanlah jilbab segi empat sehingga membentuk jilbab di dasar tengkuk.
2.Ambilah sisa jilbab pada sebelah kiri & belakang, kemudian lipat menjadi 2 lalu diikat memakai karet gelang sehingga membentuk pola bunga.
3.Pakailah jarum pentul guna membuka pola bunga yg terbentuk dari bahan selendang.
4.Tambahkanlah bunga atau korsase pada bagian atas bunga jilbab. Lalu rekatkan dengan jarum pentul agar rapi.
5. Trala, anda tampil cantik memikat.

Cara Memakai Kerudung/ Jilbab Modern Kreasi

1.Sediakanlah ciput dan jilbab segi empat sebanyak 2 buah dengan warna terserah menurut selera anda tetapi usahakanlah tampak serasi dengan warna di baju yg anda kenakan.
2.Sediakanlah peniti dan beberapa tusuk jarum pentul.
3.Gunakanlah Ciput sebagai alas jilbab, dengan cara memakainya terlebih dahulu. Ciput berfungsi agar rambut tidak terkelihat ataupun sampai keluar & agar menahan jilbab sehingga lebih kuat ketika terpasang.
4.Langkah berikutnya memakai jilbab kreasi yakni menggunakan jilbab segi empat sebagaimana cara biasa, kemudian dilipat terlebih dahulu jilbab segi empatnya sehingga terbentuk segitiga, lalu pasanglah salah satu sisi ujung jilbab menuju arah leher berbentuk lilitan, juga rapikan dgn peniti sehingga rapi.
5. Mantap, anda makin percaya diri dengan kreasi jilbab cantik memikat.

Jilbab segi empat adalah salah satu yang sering digunakan oleh muslimah Indonesia. Cara memakai jilbab segi empat atau jilbab paris memiliki beberapa kelebihan, di antaranya jilbab segi empat akan terlihat rapi jika dalam pemakaiannya benar, sangat nyaman digunakan, tidak mudah kusut dan mudah dipadukan dengan berbagai asesoris yang membuat tampilan lebih cantik dan menawan.
Cara memakai jilbab segi empat sebenarnya sangat simple dan mudah. Namun akan membuat anda terlihat modis dan anggun. Sebelum anda memulai mengenakan jilbab, jangan lupa siapkan ciput, jilbab segi empat, asesoris dan beberapa jarum pentul atau peniti. Berikut mengenai cara memakai jilbab segi empat:
  1. Pakai ciput kemudian lipat jilbab segi empat menjadi segi tiga
  2. Letakkan jilbab di atas ciput dan kaitkan di bawah dagu
  3. Tarik salah ujung kanan jilbab ke belakang dan kaitkan dengan peniti di belakang kepala
  4. Ujung jilbab yang kiri kaitkan dengan bagian jilbab yang kanan, gunakan bros agar terlihat lebih cantik
Cara Memakai Jilbab Segi Empat CARA MEMAKAI JILBAB SEGI EMPAT
Jika anda ingin menambahkan asesoris pada jilbab anda, anda dapat melakukan cara memakai jilbab segi empat dengan langkah sebagai berikut:
  1. Pakai ciput dan lipat jilbab segi empat menjadi bentuk segi tiga
  2. Letakkan jilbab di atas ciput kemudian tarik sisi kanan jilbab, lilitkan pada leher kemudian kunci dengan peniti atau jarum pentul
  3. Jilbab sisi kiri juga lilitkan pada leher kemudian kunci dengan peniti
  4. Tambahkan bandana di atas kepala kemudian tarik ke belakang dan diikat
  5. Sisa ujung bandana tarik ke depan melingkari leher secara menyilang
  6. Ikat kedua ujung bandana di leher bagian tepi dan bentuk seperti bunga
Cara Memakai Jilbab Segi Empat Terbaru CARA MEMAKAI JILBAB SEGI EMPAT
Jika anda menggunakan ciput ninja, anda dapat mengikuti langkah cara memakai jilbab segi empat di bawah ini:
  1. Pakai ciput ninja kemudian lipat jilbab segi empat menjadi segi tiga
  2. Letakkan jilbab di atas cipu dengan sisi bagian kanan dan kiri seimbang
  3. Ambil sisi kiri jilbab tarik ke belakang kepala melewati leher dan tarik ke depan melewati pundak kanan
  4. Kaitkan jilbab di bagian belakang kepala dengan jarum pentul
  5. Ambil sisi bagian kanan jilbab, kemudian kaitkan di belakang kepala dengan jarum pentul
Cara Memakai Jilbab Segi Empat Kreasi CARA MEMAKAI JILBAB SEGI EMPAT
Benar-benar mudah dan simple cara memakai jilbab segi empat kan? Model di atas dapat anda pakai sehari-hari.

Dewasa ini ibu-ibu yang sering kondangan atau pergi arisan dan bisa jadi menghadiri acara tertentu yang memungkinkan untuk berpose heboh ala jilbab kreasi modern juga bisa mempraktikkan cara memakai jilbab pesta kreasi modern yang di sampaikan oleh mbak juli melalui chanel yotubenya, disini ada 3 tutorial yang saya posting semuanya di share oleh mbak juli.

Masih berputar pada tutoria Video Cara Memakai Kerudung Pesta Kreasi Modern mbak juli, tutorial yang simple mudah di praktikkan serta hasil yang memuaskan, ditambah dengan cantiknya mbakn juli didalam Cara Memakai Jilbab Pesta hehehhe. ok langsung aja sahabat semua tonton videonya ya.

Cara Memakai Jilbab Pesta
Dan jangan lupa untuk melihat cara memakai jilbab kreasi yang lainnya ya seperti jilbab pashmina and cara pakai jilbab segi empat, biar terlihat anggun juga ketika sahabat semua menggunakan jilbab berbagai model.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara memakai Jilbab Modern
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://carajilbab-carajilbab.blogspot.com/2012/11/cara-memakai-jilbab-modern.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.